Jumat, 10 September 2010

Teknik Menyembunyikan Folder Pribadi 2

Posted By: Ade Alam - 22.15

Share

& Comment



Pengantar
“Salam kenal…
Mas mahadji, saya sudah mempraktekkan cara mas dalam memproteksi folder dan berhasil namun ketika mau mengembalikannya ke semula tidak bisa, “.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”, tanda ini tidak ada pada folder yang saya proteksi.

Bagaimana cara mengembalikannya ke semula ?”.

Hampir email yang masuk ke inbox saya seperti ini, oleh karena itu sebelum kita masuk ke teknik selanjutnya, saya akan membahas bagaimana cara mengembalikan folder yang terproteksi dengan cara seperti itu. Caranya hampir sama yaitu mengganti nama tersebut ke nama semula namun dengan cara yang berbeda yaitu melalui dos prompt, bagaimana langkah lengkapnya, simak tutorial berikut.

Sebelumnya
 
 Di komputer saya :
 
 



Di komputer lain :



Saya memberikan cara mengunprotect folder dengan cara menghilangkan baris .{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} pada nama file karena yang tampil di monitor saya ya seperti diatas, namun hal itu tidak terjadi di komputer lain, setelah saya cek ternyata benar windows tersebut sudah di pacth.
 
Unprotect folder ( cara 2 )
 
Agar lebih mengerti saya akan memakai sebuah studi kasus, studi kasusnya adalah saya membuat folder yang terproteksi di drive E, nama folder yang terproteksi adalah “proteksi”, folder tersebut saya proteksi dengan cara meredirect ke control panel, suatu saat saya membutuhkan file yang ada dalam folder tersebut, tentu saja agar bisa diakses kembali saya harus mengembalikannya ke semula, bagaimana caranya, simak langkah berikut :

  • Masuk ke dalam command prompt dengan cara, pilih start > run > cmd [ENTER]
 
  • Masuk ke folder/drive dimana Anda menyimpan folder yang terproteksi ( saya menyimpan file di drive E ), untuk berpindah dari satu folder ke folder lainnya gunakan perintah “ cd nama folder  “, untuk berpindah dari drive c ke d atau drive lainnya gunakan cara “ d: [ENTER]”.


  • Sekarang lihat isi folder/ dengan cara “dir/w/a [ENTER]”, perintah ini akan menampilkan folder secara melebar dan yang tersembunyi (hidden). 

  • Perhatikan nama folder “proteksi.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”, folder ini terproteksi dengan teknik redirect ke control panel.
  • Untuk menghilangkan proteksi folder tersebut, ketik “ren proteksi.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} proteksi [ENTER]”.


  • Untuk memastikan apakah folder sudah kembali ke semula atau belum, ketikan perintah berikut, “dir/w/a [ENTER]"


  • Perhatikan, sekarang folder proteksi sudah kembali ke semula.
Teknik Stealth (Penyamaran)
Teknik selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah teknik stealth, nama stealth diambil setelah menonton film “Stealth”, sebuah film tentang pesawat terbang yang tidak bisa terdeteksi oleh radar, hubungannya dengan teknik menyembunyikan folder adalah kita akan membuat sebuah/sekumpulan file yang tidak dicuragai sebagai file yang bersifat penting atau rahasia, bagaimana caranya ?, simak studi kasus berikut.

Perhatikan gambar berikut :

Diatas adalah sebuah screenshot dari folder Windows\System32, percayakah anda kalau diantara file-file tersebut terdapat sebuah gambar, “TIDAK !!!”, kenapa ? pasti Anda akan bilang karena tidak ada file berformat gambar seperti *.jpeg, *.bmp, *.gif dan sebagainya.
 
Bagaimana kalau file bernama “icc.dll”, adalah sebuah file gambar, tentu saja Anda akan langsung menjawab “TIDAk !!!, mana mungkin, itu kan file library-nya windows”, sekarang coba kita rename file tersebut menjadi “icc.jpeg”.

TADA !!!, benarkan file itu gambar, tahu dari mana, kan kita belum lihat, coba perhatikan di pojok kanan yang bertuliskan “Dimensions”, disitu tertulis dimensi atau ukuran dari sebuah file gambar tersebut, jadi tanpa perlu dilihat isinya pun kita dengan mudah mengetahui bahwa ini adalah sebuah file gambar. Anda masih belum yakin, baik sekarang kita akan lihat apa isinya, jangan kaget ya.
 
Teknik ini sebetulnya adalah sebuah teknik yang sangat sederhana, untuk menggunakan teknik stealth Anda hanya perlu merename file yang ingin Anda sembunyikan kemudian simpan di tempat yang tidak dicurigai oleh orang lain.
 
Sebuah saran, jika Anda mau menyimpan file di folder windows/system32, sebaiknya ukurannya tidak lebih dari 1 Mb, mengapa ? karena biasanya file-file yang ada disini ukurannya relative kecil dan digunakan hanya sebagai pendukung windows ( ingat social engineering bro.. ).
 
Bagaimana kalau kita mau menyembunyikan banyak file, kan capek kalau direname satu-persatu, bagaimana caranya, tunggu tulisan selanjutnya…
 
Bersambung.
 
Cerita selanjutnya…
 
Pada episode selanjutnya kita akan belajar bagaimana menyembunyikan file dengan tingkat proteksi level 2, untuk membuka file anda harus melewati 2 buah gerbang dan untuk membuka gerbang tersebut tidaklah mudah, bagaimana caranya… ?

Sumber : IlmuKomputer.Com

Tentang Ade Alam

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Digitindo

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Templatezy